Cari Blog Ini

Sabtu, 03 November 2012

CARA MENULIS BLOG YANG BAIK

Pengertian Blog


Istilah blog menjadi populer akhir-akhir ini dan Anda mungkin punya ide apa yang dimaksud dengan blog tapi jika ditanya, semua orang pasti akan memiliki pendapat yang berbeda. Namun usaha untuk mengerti tentang blog itu penting, terutama bila Anda ingin menjadikannya sebagai suatu bisnis.
Kata blog sebenarnya berasal dari gabungan dua kata yaitu, web dan log. Dengan kata lain, blog adalah kumpulan atau catatan pikiran, ide, foto, video, tautan dan apa saja tentang Anda. Secara teknis, kumpulan konten ini diurutkan secara kronologis terbalik. Yang terbaru di atas dan seterusnya ke bawah dan halaman berikutnya. Kumpulan tulisan singkat dapat saja dikatakan sebagai blog.
Ada yang mengkategorikan lebih jauh menurut ciri-cirinya, yaitu memiliki judul, batang tubuh, komentar, tanggal serta waktu penulisan dan penerbitannya. Tapi ciri-ciri seperti ini semakin kabur seiring berjalannya waktu. Misalnya, salah satu perangkat lunak pembuat blog yang terkenal, WordPress, telah dikembangkan sedemikian rupa sehingga berubah fungsi. Sekarang ini, selain dipergunakan sebagai blog, WordPress juga dapat dijadikan alat bantu manajemen konten situs.
Dari situs iklan baris sampai jejaring sosial, semua dapat dibangun menggunakan WordPress dan plugin-nya, yang mana merupakan cara memperluas dan menambah fasilitas pada kerangka dasar yang ada. Dengan kata lain, blog dapat dibuat sesederhana atau sekompleks mungkin dengan berbagai fitur tergantung apa yang diinginkan oleh pembuatnya.
Mengapa Anda harus membuat blog?

  • Mendemonstrasikan keahlian dan membangun komunitas. Tidak ada cara yang lebih baik untuk mendemonstrasikan keahlian Anda selain menulisnya. Orang yang menemukan tulisan Anda akan menyimpulkan sendiri apakah Anda cukup berpengetahuan tentang suatu topik. Tidak perlu menyombongkan diri dan dikira membuat klaim palsu. Blog juga dapat dipergunakan untuk mengumpulkan pemirsa dan membangun komunitas seputar suatu bidang.
  • Sebagai curriculum vitae (CV) atau resume. CV atau resume tradisional sudah kedaluarsa. Setiap orang dapat menulis resume terbaik dengan daftar keahlian yang panjangnya berkilometer. Tapi dewasa ini yang dibutuhkan perusahaan adalah bukti Anda benar-benar menguasai bidang tersebut. Dengan memiliki blog dan menciptakan konten yang bermutu seputar topik yang Anda kuasai, Anda memiliki alat pendukung kuat bagi resume Anda.
  • Sebagai sumber pendapatan penuh atau sampingan. Ada banyak peluang terduga maupun tak terduga yang dapat dikembangkan dari sebuah blog. Dengan pemirsa yang tetap dan tertarget, Anda bisa saja bekerjasama dengan jejaring periklanan untuk menampilkan iklan. Model bisnis ini cukup terkenal karena Anda hanya fokus pada pembuatan konten dan komunitas. Banyak blogger yang juga berhasil mendapatkan kontrak penulisan buku, menjadi pembicara di seminar, konsultasi dan beberapa pendapatan lainnya.
Apa Topik Yang Harus Saya Tulis?
Bagaimana Anda Dapat Menciptakan Konten Yang Menarik?

Tidak ada alasan yang pasti mengapa seseorang membuat blog. Semuanya tergantung motivasi individu yang bersangkutan. Tapi ada beberapa tujuan dan alasan yang mungkin tidak terpikirkan ketika ingin membuat blog, yang dapat menambah wawasan dan perspektif ke mana blog yang Anda bangun akan digiring nantinya.
Beberapa orang membuat blog sekedar hobi. Memang inilah tujuan awalnya ketika perangkat lunak blog pertama dikembangkan. Mereka ingin cara yang mudah untuk mengarsip catatan pribadi dan juga berbagi dengan yang lainnya apa yang mereka tulis. Blog saat ini dapat dipergunakan sebagai album foto, berbagi pengalaman tentang apa yang Anda pelajari sehari-hari, maupun sebagi cara untuk berkomunikasi dengan teman dekat atau sanak keluarga.
Secara profesional dan dari segi bisnis, blog dapat digali lebih jauh agar menawarkan keuntungan berikut ini bagi Anda:
Untuk badan usaha mikro, kecil maupun menengah, memiliki sebuah blog akan lebih menguntungkan lagi. Anda dapat mempublikasikan berita terbaru, promosi, acara maupun kontes bagi prospek dan pelanggan Anda tanpa perlu mengeluarkan dana yang besar. Dengan komunitas yang solid, komunitas Anda akan menjadi supporter dan promotor bagi bisnis Anda. Mereka akan memberitahukan orang lain tentang produk baru, tentang promosi Anda, apa saja. Hal-hal tersebut harus diakui bahkan tidak dapat dibeli dengan iklan.
Jadi apapun tujuan Anda, apakah ingin membuat sebuah blog hanya untuk alasan pribadi ataupun berkomunikasi dengan prospek dan pelanggan serta menciptakan kehadiran yang lebih nyata di dunia maya, sebuah blog dapat membantu Anda.
Sebenarnya ini bukan pertanyaan teknis, namun cukup sering ditanyakan sehingga saya memutuskan untuk memasukkan satu bagian singkat dalam panduan ini.
Pertanyaan tentang topik yang ditulis dapat terjawab dengan segera begitu Anda menemukan ceruk pasar Anda dan peran Anda di dalamnya. Jika Anda memulai suatu blog hanya untuk alasan pribadi maka konten yang Anda buat tentunya terserah Anda, tapi bila blog yang bersangkutan terkait dengan bisnis maka ceruk pasar menjadi faktor yang sangat menentukan.
Memang tidak ada salahnya menulis apa saja yang terlintas di benak Anda atau topik apa pun yang Anda sukai, tapi untuk membangun komunitas melalui blog… ceruk pasar yang Anda pilih harus jelas dan terarah. Pemirsa jarang ingin menghabiskan waktu untuk blog yang tidak jelas topik dan tujuannya, kecuali bila mereka membaca hanya untuk sebagai hiburan.
Saran saya, bila Anda benar-benar tidak tahu di mana harus memulai, konsultasikan dengan Google. Cari tahu apa yang ditulis sesama blogger tentang topik yang Anda pilih. Berlangganan RSS dan mengikutinya selama beberapa waktu akan membuka wawasan Anda mengenai apa yang dapat Anda tulis. Saya yakin setelah terjun ke dalamnya dan menguasai suatu bidang, hal-hal yang dapat Anda tulis sesungguhnya tidak terbatas.
Misalnya, jika menemukan topik yang menarik di blog lain dan Anda memiliki perspektif yang lain, atau pendapat yang berbeda, tidak ada salahnya memulai percakapan dari blog Anda dan memberikan tautan ke sumber. Dengan cara ini saya telah menjalin hubungan dengan banyak blogger ternama. Anda pun dapat melakukannya. Cara ini jauh lebih efektif sebagai pembuka percakapan dibanding email tak diundang. Blogger profesional seringkali memonitor apa yang dikatakan oleh rekan sesama blogger dan tautan yang masuk ke dalam blog mereka.
Anda juga dapat menjawab pertanyaan yang ditemukan di forum-forum. Mungkin jawaban Anda di forum terkesan ringkas tapi setelah melalui proses pemikiran yang cukup lama, pasti ada tambahan. Tidak ada salahnya menuliskannya agar ada arsipnya sehingga dapat ditemukan oleh orang lain.
Akan ada kesulitan ketika pertama kali menulis, tapi yakinlah selanjutnya selalu akan lebih mudah. Sampai suatu saat ide untuk topik akan lebih cepat berdatangan dan Anda tidak akan memiliki waktu yang cukup untuk menulis semuanya. Saat ini, mudah bagi saya untuk mendapatkan ide, tapi memilih ide yang tepat untuk ditulis sama sulitnya. Tantangan blogger di semua tingkatan selalu ada. Tinggal bagaimana Anda menyikapinya dan belajar darinya.
Pada tahap ini, Anda telah memiliki blog dan menata komputer Anda sehingga dapat menulis kapan saja tanpa harus terkoneksi ke Internet. Anda juga sudah tahu apa yang harus ditulis pertama kali. Nah, sekarang pertanyaannya bagaimana Anda dapat menciptakan konten yang menarik sehingga dibaca orang terus menerus?
Menurut hemat saya, konten yang menarik bukanlah konten yang menurut Anda bagus. Semuanya harus dipikirkan dari perspektif seorang pembaca. Akan sangat membantu jika Anda memikirkannya sebagai aliran proses. Tentunya ini tergantung bagaimana pembaca Anda menemukan blog Anda.
Katakanlah semuanya bermula dari mesin pencari. Untuk dapat ditemukan di sana, Anda harus menggunakan keyword atau kata kunci yang dipakai oleh para pemirsa. Artinya Anda perlu melakukan riset kata kunci yang tepat untuk dipakai di tulisan blog Anda. Proses ini, termasuk cara optimasi blog agar ditemukan di mesin pencari merupakan satu bidangnya sendiri yang dinamakan SEO atau Search Engine Optimization.
Nah, saat menemukan tulisan Anda di mesin pencari… apa yang membuat seorang calon pembaca mengeklik halaman situs Anda? Sebuah judul yang menarik. Ya, judul tulisan Anda tidak boleh membosankan. Walaupun tulisan Anda mengenai topik yang sangat biasa, harus disuntikkan nyawa ke dalamnya agar hidup. Seni dan pengetahuan ini dinamakan copywriting.
Setelah seorang pengunjung datang ke blog Anda, mereka akan mulai membaca. Kalimat pertama dan paragraf pendahulan haruslah menarik agar pembaca memutuskan untuk menelusuri keseluruhan konten. Di Internet, orang seringkali bergerak sangat cepat. Mereka dengan cepat bergerak dari atas peramban web ke bawah dan hanya berhenti jika benar-benar menemukan hal yang menarik.
Dengan kata lain, Anda punya waktu yang sangat sedikit untuk menarik perhatian mereka. Dan bila konten Anda kuat dan berhasil menghibur atau membuat mereka berdecak kagum, mungkin mereka akan berlangganan RSS blog Anda. RSS itu pada dasarnya format berkas yang berisi konten blog Anda, yang dapat dibaca dari pembaca RSS. Seorang pelanggan tidak harus mengunjungi blog Anda untuk mengetahui apakah ada tulisan baru. Pembaca RSS akan memberitahu kepada mereka.
Aliran proses itu dapat dijadikan panduan untuk menarik pemirsa. Penting diingat bahwa jika salah satu titik yang dijelaskan di atas lemah, pembaca mungkin saja memutuskan untuk berhenti dan tidak pernah kembali lagi. Dan aliran proses ini hanyalah suatu proses.
Merupakan bidang yang lain pula bila Anda ingin menulis dengan gaya yang menarik. Beberapa orang memiliki talenta untuk yang satu ini sedangkan yang lain harus berimprovisasi sedikit demi sedikit. Harus diakui saya termasuk yang belakangan.
Oh ya, satu lagi. Format tulisan pun bisa menentukan apakah konten Anda menarik atau tidak. Ingat bahwa pemirsa bergerak cepat. Jika konten Anda hanya kumpulan tulisan dengan paragraf panjang, tanpa format apa-apa, dalam satu halaman web, pembaca akan patah semangat dan mencari sumber daya lain. Mereka tidak punya banyak waktu kecuali Anda telah berhasil meyakinkan mereka tentang kualitas dan daya tarik tulisan tersebut.
Salah satu cara yang suka saya pakai adalah dengan membagi-bagi tulisan menjadi beberapa bagian. Metode lain adalah dengan menulis dalam format yang mudah dicerna. Misalnya, 3 langkah membuat blog gratis. Setiap langkah akan merupakan sub-bagian dari artikel sehingga tidak terlihat sebagi suatu blok konten yang membosankan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar