Model pengembangan standar profesi
Jenis-Jenis
Profesi di Bidang IT
Berikut jenis-jenis profesi IT di Indonesia antara
lain :
- IT Support Officer
Bertugas
: Menerima, memprioritaskan, serta menyelesaikan suatu permintaan
bantuan IT. Instalasi, perawatan, dan penyediaan dukungan harian baik
untuk hardware & software, peralatan termasuk printer, scanner, hard-drives
external, dan lain sebagainya.
Mengatur suatu penawaran
harga barang dan tanda terima dengan supplier untuk kebutuhan yang
berhubungan dengan IT.
Menyediakan
data / informasi yang dibutuhkan untuk pembuatan laporan department regular.
- Network Administrator
Bertugas : Mengoperasikan serta perawatan terhadap jaringan
LAN maupun WAN, manajemen sistem serta dukungan terhadap perangkat
kerasnya, mengarsipkan data, dan perawatan komputer.
- Network Engineer
Bertugas : Melaksanakan suatu komunikasi
dan analisa sistem networking, serta menganalisa dan ikut mengambil bagian
dalam pengembangan standardisasi keamanan dan implementasi mengendalikan untuk
keamanan LAN dan WAN. Dimana tugas utama yang dilakukannyaadalah
maintenance LAN dan koneksi internet, maintenance hardware, maintenance
database inventory.
- IT Programmer
Bertugas : Mengambil bagian dalam
pengembangan dan integrasi perangkat lunak serta mengembangkan secara
aktif kemampuan dalam pengembangan perangkat lunak.
Menerima
permintaan user untuk menangani masalah-masalah yang harus
diselesaikan, baik untuk konsumen internal maupun eksternal, yang
dimana bertanggung jawab atas kepuasan pelanggan.
- Analyst Programmer
Bertugas : Merancang atau membuat kode
program dan menguji program untuk mendukung perencanaan pengembangan aplikasi
sistem.
- Web Designer
Bertugas : Mengembangkan rancangan inovatif
aplikasi web-based beserta isi dari aplikasi tersebut.
- Systems Programmer / Software Engineer
Bertugas : Melakukan pengembangan software
, memiliki ketrampilan dalam merancang aplikasi, serta menyiapkan
program menurut spesifikasi, dokumentasi, dan pengujian.
- IT Executive
Bertugas : Memelihara kecukupan, standard dan
kesiapan sistem / infrastruktur untuk
memastikan
pengoperasiannya dapat efektif dan efisien, serta menerapkan prosedur IT dan
proses untuk memastikan data terproteksi secara maksimum.
- IT Administrator
Bertugas : Menyediakan implementasi dan
administrasi yang meliputi LAN, WAN dan koneksi dial-up, firewall, proxy serta
pendukung teknisnya.
- Database Administrator
Bertugas : Bertanggung jawab untuk
administrasi dan pemeliharaan teknis yang menyangkut perusahaan dalam pembagian
sistem database.
- Systems Engineer
Bertugas : Menyediakan rancangan sistem
dan konsultasi terhadap pelanggan.
Memberikan
respon terhadap permintaan technical queries serta dukungannya, dan melakukan
pelatihan teknis ke pelanggan dan IT administrator.
- Helpdesk Analyst
Bertugas: Mengontrol permasalahan
troubleshoot melalui email atau telephone dengan cara mengambil alih
kendali para pemakai via LAN/WAN koneksi, serta perencanaan, mengkoordinir dan
mendukung proses bisnis, sistem dan end-users dalam menyelesaikan masalah yang
mereka hadapi.
- ERP Consultant
Bertugas : Memberikan nasehat teknis ataupun
fungsional pada implementasi solusi ERP, dan harus mempunyai beberapa
pengetahuan tertentu dalam rangka memetakan proses.
- Account Manager
Bertugas : Bertanggung jawab terhadap kemajuan
penjualan suatu solusi atau produk serta target pendapatan.
- Bussiness Development Manager
Bertugas : Bertanggung jwab mengetahui
kebutuhan akan pelanggan, serta mempunyai kemampuan luas yang mampu menyerap
dan berkomunikasi jelas tentang bisnis kompleks serta konsep teknologi.
- IT Manager
Bertugas : Mengatur kelancaran dari sistem IT,
troubleshooting dan jugamembantu organisasi dalam menangani permasalahan
IT.
- Project Manager
Bertugas : Merencanakan, mengarahkan dan
melaksanakan aktivitas manajemen proyek untuk suatu divisi, dan juga memonitor
progress terhadap jadwal dan anggaran proyek.
Mengalokasikan
atau membantu mengalokasi sumber daya sesuai dengan hasil proyek yang harus
diselesaikan.
Perbandingan profesi-profesi apa saja yang
terdapat di negara lain (dilihat dari model pengembangannya antara lain : )
Singapore Computer Society (Profesional Code of Conduct)
Pada model Singapore ini juga dilakukan pembagian berdasarkan tingkatan senioritas. Misalnya tingkatan pada System development -nya, yaitu:
Programmer
1. Analyst/Programmer
2. Senior Analyst/Programmer
3. Principal Analyst/Programmer
4. System Analyst
5. Senior System Analyst
6. Principal System Analyst
7. Development Manage
Industri sektor teknologi informasi (TI) Singapura kini sedang menghadapi masa-masa sulit. Bukan disebabkan masalah sepinya pasar atau lainnya, namun justru karena mengalami kekurangan tenaga kerja handal. Penelitian seputar pekerjaan yang dilakukan oleh perusahaan karir Hudson mengungkap perusahaan TI Singapura kini sedang mengalami ‘paceklik’ tenaga kerja handal. Kekurangan tenaga kerja ini berkaitan dengan ketatnya persaingan pencarian bakat dari negara-negara Asia lain. Sebesar 73 persen responden dari kalangan industri TI mengakui perekrutan tenaga kerja yang handal dalam bidang TI saat ini kian sulit.
Malaysian Computer Society (Code of Profesional Conduct)
Model Malaysia ini mirip dengan model Singapore membedakan posisi pekerjaan pada berbagai sektor bisnis. Namun, keduanya memiliki perbedaan dalam melakukan ranking senioritas, misalnya tingkatan untuk System Development-nya adalah:
1. Programmer
2. System Analyst/Designer
3. System Development Executive
Model Singapore dan Malaysia memiliki banyak kesamaan dan dapat diintegrasi, dengan pembagian sebagai berikuti :
1. System Development
2. Computer Operations
3. Sales, Marketing and Services
4. Education and Trainings
5. Research and Developments
6. Spesialist Support
7. Consultancy
Pada model Singapore ini juga dilakukan pembagian berdasarkan tingkatan senioritas. Misalnya tingkatan pada System development -nya, yaitu:
Programmer
1. Analyst/Programmer
2. Senior Analyst/Programmer
3. Principal Analyst/Programmer
4. System Analyst
5. Senior System Analyst
6. Principal System Analyst
7. Development Manage
Industri sektor teknologi informasi (TI) Singapura kini sedang menghadapi masa-masa sulit. Bukan disebabkan masalah sepinya pasar atau lainnya, namun justru karena mengalami kekurangan tenaga kerja handal. Penelitian seputar pekerjaan yang dilakukan oleh perusahaan karir Hudson mengungkap perusahaan TI Singapura kini sedang mengalami ‘paceklik’ tenaga kerja handal. Kekurangan tenaga kerja ini berkaitan dengan ketatnya persaingan pencarian bakat dari negara-negara Asia lain. Sebesar 73 persen responden dari kalangan industri TI mengakui perekrutan tenaga kerja yang handal dalam bidang TI saat ini kian sulit.
Malaysian Computer Society (Code of Profesional Conduct)
Model Malaysia ini mirip dengan model Singapore membedakan posisi pekerjaan pada berbagai sektor bisnis. Namun, keduanya memiliki perbedaan dalam melakukan ranking senioritas, misalnya tingkatan untuk System Development-nya adalah:
1. Programmer
2. System Analyst/Designer
3. System Development Executive
Model Singapore dan Malaysia memiliki banyak kesamaan dan dapat diintegrasi, dengan pembagian sebagai berikuti :
1. System Development
2. Computer Operations
3. Sales, Marketing and Services
4. Education and Trainings
5. Research and Developments
6. Spesialist Support
7. Consultancy
Amerika
Berikut adalah beberapa profesi IT yang terdapat di negara Amerika :
1. SQL Server DBA
2. C#/SQL Engineer
3. AIX Administrator
4. BI Analyst - Cognos(mid level)
5. CDMA Optimization Engineer
6. Application Specialist
7. UX Engineer
8. SAP MM Lead Functional Analyst
9. SAP SD Analyst
10. Cisco Voice Engineer
11. SAP HR Analyst
12. SAP FI/CO Lead
13. .NET Developer
14. Sr. Quality Assurance Manager
Australia
Sedangkan di negara Australia terdapat beberapa IT job diantaranya:
1. Analyst/programmer
2. Architecture
3. Business Analyst/ System Analyst
4. Computer Operator
5. Consultant / Functional Consultant
6. Database Development dan Administration
7. Hardware Engineering
8. Helpdesk dan Desktop Support
9. Management dan Supervisory
10. Network Engineering
11. Network dan System
12. Product management
13. Project management
14. Sales
15. Security
16. Software Development dan Engineering
17. Team Leaders
18. Technical Writers
19. Telecommunication
20. Testing dan QA
21. Training
22. Web design dan Usability
23. Web Development
24. dll
Jepang
Di negara Jepang terdapat beberapa profesi IT, contohnya sebagai berikut:
1. Digital Marketing Director
2. Web Search Evaluator
3. Sales Manager
4. Call Center Staff
5. Bilingual SAP Consultant
6. C / C++ Developer
7. Technical Support
8. IT Instructor
9. E-Commerce Manager
10. Energy Account Manager
11. IT Assistant Instructor
12. Asset Management
13. Business Analyst
Berikut adalah beberapa profesi IT yang terdapat di negara Amerika :
1. SQL Server DBA
2. C#/SQL Engineer
3. AIX Administrator
4. BI Analyst - Cognos(mid level)
5. CDMA Optimization Engineer
6. Application Specialist
7. UX Engineer
8. SAP MM Lead Functional Analyst
9. SAP SD Analyst
10. Cisco Voice Engineer
11. SAP HR Analyst
12. SAP FI/CO Lead
13. .NET Developer
14. Sr. Quality Assurance Manager
Australia
Sedangkan di negara Australia terdapat beberapa IT job diantaranya:
1. Analyst/programmer
2. Architecture
3. Business Analyst/ System Analyst
4. Computer Operator
5. Consultant / Functional Consultant
6. Database Development dan Administration
7. Hardware Engineering
8. Helpdesk dan Desktop Support
9. Management dan Supervisory
10. Network Engineering
11. Network dan System
12. Product management
13. Project management
14. Sales
15. Security
16. Software Development dan Engineering
17. Team Leaders
18. Technical Writers
19. Telecommunication
20. Testing dan QA
21. Training
22. Web design dan Usability
23. Web Development
24. dll
Jepang
Di negara Jepang terdapat beberapa profesi IT, contohnya sebagai berikut:
1. Digital Marketing Director
2. Web Search Evaluator
3. Sales Manager
4. Call Center Staff
5. Bilingual SAP Consultant
6. C / C++ Developer
7. Technical Support
8. IT Instructor
9. E-Commerce Manager
10. Energy Account Manager
11. IT Assistant Instructor
12. Asset Management
13. Business Analyst
Standar Profesi ACM dan IEEE
ACM
ACM (Association for Computing
Machinery) atau Asosiasi untuk Permesinan Komputer adalah sebuah serikat ilmiah
dan pendidikan computer pertama didunia yang didirikan pada tahun 1947 SIG dan
ACM, mensponsori konferensi yang bertujuan untuk memperkenalkan inovasi baru
dalam bidang tertentu.Tidak hanya mensponsori konferensi ,ACM juga pernah
mensponsori pertandingan catur antara Garry Kasparov dan computer IBM DeepBlue.
ACM telah menciptakan
sebuah perpustakaan digital dimana ia telah membuat seluruh publikasi yang
tersedia ACM perpustakaan digital merupakan koleksi terbesar didunia informasi
mengenai mesin komputasi dan berisi arsip jurnal ,majalah ,prosiding konferensi
online,danisu-isu terkini ACM publikasi. Layanan online termasuk forum yang
disebut Ubiquity dan TechNews mencerna,baik yang berisi informasi terbaru
tentang dunia IT.
Pesaing utama ACM adalah IEEE Computer Society.
Perbedaan antara ACM dan IEEE adalah, ACM
berfokus pada ilmu komputer teoritis dan aplikasi pengguna akhir,
sementara IEEE lebih memfokuskan pada masalah-masalah hardware dan
standardisasi. Cara lain untuk menyatakan perbedaan yaitu ACM adalah ilmuwan
komputer dan IEEE adalah untuk insinyur listrik, meskipun subkelompok terbesar
adalah IEEE Computer Society.
ACM memiliki empat “Boards“ yaitu:
1.publikasi,
2.SIG Governing Board,
3.pendidikan, dan
4.Badan Layanan Keanggotaan
1.publikasi,
2.SIG Governing Board,
3.pendidikan, dan
4.Badan Layanan Keanggotaan
IEEE(Institute of Electrical and Electronics Engineers)
IEEE adalah
sebuah organisasi profesi nirlaba yang terdiri dari banyak ahli dibidang teknik
yang mempromosikan pengembangan standar-standar dan bertindak sebagai pihak
yang mempercepat teknologi- teknologi baru dalam semua aspek dalam industry dan
rekayasa (engineering),yang mencakup
telekomunikasi,jaringankomputer,kelistrikan, antariksa, danelektronika.
Tujuan inti
IEEE adalah mendorong inovasi teknologi dan kesempurnaan untuk
kepentingan kemanusiaan.
Visi IEEE adalah
akan menjadi penting untuk masyarakat teknis global dan professional teknis
dimana-mana dan dikenal secara universal untuk kontribusi teknologi dan teknis
yang professional dalam meningkatkan kondisi perkembangan global.
Standar dalam IEEE adalah
mengatur fungsi ,kemampuan dan interoperabilitas dari berbagai macam produk dan
layanan yang mengubah cara orang hidup, bekerja dan berkomunikasi.
Proses pembangunan IEEE standar dapat dipecah melalui tujuh
langkah dasar yaitu:
1.Mengamankan Sponsor,
2.Meminta Otorisasi Proyek,
3.Perakitan Kelompok Kerja,
4.Penyusunan Standard,
5.Pemungutan suara,
6.Review Komite,
7.Final Vote.
Standar
Profesi di Indonesia dan Regional
Institusi pemerintah
telah mulai melakukan klasifikasi pekerjaan dalam bidang teknologi informasi
ini. Klasifikasi pekerjaan ini telah diterapkan sejak 1992. Bagaimanapun juga,
klasifikasi pekerjaan ini masih belum dapat mengakomodasi klasifikasi pekerjaan
pada teknologi informasi. Terlebih lagi, deskripsi pekerjaan setiap klasifikasi
pekerjaan masih tidak jelas dalam membedakan setiap sel pekerjaan.
Beberapa perusahaan yang
dimiliki oleh pemerintah mempunyai klasifikasi pekerjaannya sendiri. Begitu
juga dengan beberapa perusahaan swasta yang besar, telah mengembangkan klasifikasi
pekerjaan mereka sendiri juga. Belum adanya standardisasi klasifikasi pekerjaan
ini terkadang menimbulkan kesulitan bagi para profesional TI.
Departemen Tenaga Kerja
berkeinginan untuk mengeluarkan standard kompetensiuntuk teknologi
informasi. IPKIN diharapkan memberikan sumbangan untuk formulasi standard
kompetensi pada Teknologi Informasi. Dengan mengacu ke model regional (model
SRIG-PS), standard kompetensi yang akan diterapkan di Indonesia akan mudah
dapat diterima dan disetarakan di negara-negara lain di region ini.
Bagaimanapun juga, suatu persetujuan bilateral harus dicapai antara Pemerintah
kedua negara.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar